Pages

Saturday, May 02, 2009

Belajar Bahsa Arab Melalui Nasyed

Ya Man Yara



My Mother



Pembahagian Kata dalam bahasa Arab

Istilah “kalimat” dalam bahasa Arab sama dengan “kata” dalam bahasa Indonesia. Jenis kata itu ada tiga bagian, yaitu:

1. Isim [اسم], artinya nama atau kata benda atau nomina.

Isim ialah kata yang menunjukkan makna pada dirinya dan tidak berkaitan dengan waktu. Karena pembagian kata hanya terdiri dari tiga macam, maka selain berupa kata benda, isim juga bisa berupa kata sifat, kata keterangan waktu, kata keterangan tempat, dan lain-lain.

2. Fi`il [فعل], artinya kata kerja atau verba.Read More

Tips dan Trik Menghafal al-Quran


Ada beberapa fase dalam menghafal al-Quran ini. Gampangnya kita ambil tiga fase saja;
1. Fase pra hafalan (taaruf)
2. Fase hafalan (tahfidz)
3. Fase menjaga hafalan (murojaah)

A. Fase Pra Hafalan

Hal pertama dalam fase pra hafalan, ada baiknya kita mengenal dulu dengan kitab suci yang akan kita hafal ini. Beberapa sifatnya antara lain:

1. Mudah dihafal. Allah sendiri berfirman dan diulang-ulang dalam surat al-Qomar, “Walaqad yassarna al-Qurana lidz-dzikri fahal min muddakir… (QS. Al-Qomar: 17)”. Selain dikuatkan dengan firman Allah, secara bahasa sendiri al-Quran sangat mudah dihafalkan. Terlebih di dalamnya, banyak ayat-ayat yang mirip, sehingga kita tidak perlu menguras otak lebih karena ada beberapa kalimat atau ayat yang sudah pernah kita hafalkan dulu.

2. Mudah pula terlupa. Dalam hal ini penulis sendiri kurang tau apakah riwayat ini adalah hadits atau apa, akan tetapi dulu Kyai penulis pernah bilang bahwa, “Menghafal Quran itu seperti mengikat unta. Bila longgar sedikit saja ikatannya, maka akan sangat mudah lepas.”
3. Al-Quran adalah kitab suci kita, barangsiapa dapat menghafalkannya maka akan mendapat banyak fadhilah, seperti: variasi bacaan dalam sholat, mengisi waktu luang ketika menuggu bus, di dalam bus dll.

4. Dengan menghafalkannya, terlebih bila memahami maknanya bisa membuat hati kita terbuka, menemukan kebenaran din ini, menemukan mukjizat-mukjizat di dalam al-Quran dsb. Intinya, insya Allah bisa menambah iman kita dan takwa kita..
Read More


No comments:

Post a Comment

My Blog List

Followers

Follow Us on Facebook

From Where?

widgeo

Star


c

Visitors Map

Visitors Map