Pages

Sunday, April 19, 2009

Lengkapi Sifat-sifat Keimanan Pada Diri Kita

من مواعظ النبي صلى الله عليه و اله و سلم:
ثلاث من كنّ فيه استكمل خصال الايمان: الذى اذا رضي لم يدخله رضاه في باطل و اذا غضب لم يخرجه الغضب من الحقّ و اذا قدر لم يتعاط ما ليس له.
تحف العقول صفحه 43



Nabi SAW bersabda:

"Tiga perkara jika dimiliki (seseorang) maka lengkaplah sifat-sifat keimanan pada dirinya; (i) jika senang atas sesuatu, kesenangan itu tidak menjerumuskannya ke dalam kebatilan; (ii) jika marah, kemarahan itu tidak membuatnya keluar dari jalan kebenaran; dan (iii) jika kuat tidak menjadi rakus atas apa yang bukan haknya."
(Tuhaf Al-‘Uqul halaman 43)

Makna riwayat ini bukan membatasi tanda-tanda keimanan pada tiga perkara ini saja. Tetapi artinya bahwa siapa saja yang memiliki tiga sifat ini dalam dirinya berarti ia telah menyempurnakan semua tanda keimanan. Sebab masing-masing dari ketiga karakter itu harus didahului dengan mengumpulkan sejumlah sifat mulia lainnya. Ketiga karakter itu adalah, tidak membela seseorang atau apa saja secara tidak benar hanya lantaran kecintaan dan kesenangan kepadanya, kemarahan tidak membuatnya keluar dari jalur kebenaran, dan ketika memiliki kekuatan tidak menggunakannya untuk merebut apa yang bukan haknya.


No comments:

Post a Comment

My Blog List

Followers

Follow Us on Facebook

From Where?

widgeo

Star


c

Visitors Map

Visitors Map