Pages

Friday, August 20, 2010

Alam Barzakh

Menuju Realitas Spiritual

Imam Maksum As , ketika ditanya tentang kapan dimulainya alam barzakh, imam menjawab: “Mulai di alam kubur”.[3] Tatkala manusia memasuki alam kubur maka alam barzakh pun dimulai, yakni pada saat itu manusia mulai merasakan kehidupan barzakhnya yang ia cipta di alam dunia ini; apakah ia tergolong manusia beruntung dan bahagia ataukah termasuk orang yang merugi dan nestapa.

Dinukil riwayat dalam kitab-kitab hadis bahawa Imam Baqir As pernah bersabda: “Jika seorang mukmin meninggal dunia dan memasuki alam kubur maka bersamanya pula enam rupa yang menempati kedudukannya masing-masing. Di antaranya ada satu yang mempunyai rupa paling bagus, paling beribawa, paling harum, dan paling bersih ketimbang dari yang lainnya. Selanjutnya beliau mengatakan: Ada satu bentuk rupa yang berdiri di samping kanan hamba tersebut, satunya lagi di samping kirinya, di antara kedua tangannya, di belakangnya, di antara kedua kakinya, dan yang paling bagus bentuk rupanya berada di atas kepalanya.

Bentuk yang paling bagus kemudian berkata: Siapakah kalian? Semoga Allah memberikan kebaikan kepada kalian. Yang berada di kanan hamba itu berkata: Aku adalah shalat . Yang di kirinya berkata: Aku adalah zakat. Yang di antara kedua tangannya berkata: Aku adalah puasa . Yang di belakangnya berkata: Aku adalah haji dan umrah . Yang bereda di antara kedua kakinya berkata: Aku adalah kebaikan dari silaturrahimmu kepada saudara-saudaramu. Kemudian bentuk-bentuk tersebut balik bertanya: Kamu sendiri siapa? Kamu paling bagus, paling harum, dan paling beribawa di antara kami. Dia berkata: Aku adalah wilayah kepada keluarga suci Muhammad Saw ”.[4]

Sumber: http://www.al-shia.org/html/id/service/maqalat/004/11.htm

Excel Mnagement Consultants

No comments:

Post a Comment

My Blog List

Followers

Follow Us on Facebook

From Where?

widgeo

Star


c

Visitors Map

Visitors Map